QALBUN SALIM

Tadabbur oleh : cak Tik.

     Kalau yang menjamin keselamatan, kebahagiaan setiap manusia adalah "hati"nya, maka jauh hari Rasulullah saw sudah mengingatkan bahwa di dalam jasad ada segumpal daging, jika baik maka baik pulalah semuanya, jika buruk maka buruk pulalah semuanya (sekujur jasad). Sahabat bertanya "apakah itu? ", Dia adalah hati.
    Betapa pentingnya fungsi organ tubuh yang satu ini. Mungkin yang lebih pas untuk menjelaskan seberapa besar dan pentingnya fungsi hati adalah orang yang berkompeten, dokter dan praktisi kesehatan lainnya, tapi dari beberapa jenis penyakit yang merusak fungsi hati berdampak signifikan terhadap kelangsungan hidup seseorang. Misalnya diabetes, hepatitis merupakan penyakit hati yang menakutkan. Itu fungsi hati secara fisik atau jasmani, lalu bagaimana fungsi hati secara rohani?
     Betapa pentingnya fungsi hati karena hati merupakan pusat pemerintahan jiwa setiap diri manusia. Manusia itu baik, buruk, mulia atau hina bergantung hatinya. Itulah sebabnya pendidikan primer kepada anak-anak kita adalah pendidikan yang berorientasi pada pembentukan karakter atau akhlak. Baru pada gilirannya pembelajaran iptek sebagai bekal "wa laa tansa nasibaka minad-dunya". Sekarang yang menjadi persoalan dalam dunia kependidikan di negeri ini lebih mengedepankan iptek bukan imtak. Meskipun di dalam visi dan misinya dipajang begitu besar apa yang menjadi tujuan pendidikan. Tapi dalam prakteknya masih sangat jauh dari harapan. Terbukti output yang dihasilkan tidak memiliki karakter sebagaimana yang diharapkan. Siapa yang salah atau apanya yang salah? Perlu digali dan dikaji secara komprehensif.
   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RAJULUN YAS'A ( رجل يشعي )

BELAJAR AL QUR'AN

LINGSEM DAN BANGKAI