TERUS MENERUS EVALUASI

Oleh : CakTik
Firman Allah swt:
يا أيها الذين آمنوا اتقوا الله ولتنظر نفس ما قدمت لغد واتقوا الله إن الله خبير بما تعملون
"Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan" (QS. 59: 18)
Memandang, melihat, memperhatikan memiliki arti yang sama, dengan perkenan dan izin Allah swt sesuatu yang ada di depan kita menjadi tampak wujudnya. Hanya saja penggunaan masing-masing istilah yang berbeda. Kapan menggunakan istilah memandang, melihat atau memperhatikan. Itu tidak penting, yang terpenting adalah bagaimana memanfaatkan satu karunia Allah untuk hal-hal yang baik sesuai kehendak yang memberikan karunia itu.
Kalau saya memandang sesuatu maka orientasinya pada nilai yang saya pandang, sementara kalau melihat hanya pada bentuk fisik. Sementara kalau memperhatikan agak lebih detil, meliputi fisik, nilai dan aspek-aspek lain yang berhubungan dengan objek yang diamati. Itu hanya pendapat saya dan itulah yang saya lakukan. Terlepas apakah sependapat atau tidak bukan masalah, yang utama bagaimana menggunakan Indra mata ini mampu membuka cakrawala berpikir seluas-luasnya untuk mengambil hikmah dan kebijakan yang menjadi ketetapan hati.
Maka ketika setiap diri hendaklah memperhatikan apa yang sudah dilakukan untuk hari esok, ini merupakan evaluasi terus menerus secara detail dari seluruh rangkaian kegiatan dengan mempertimbangkan baik-buruk sehingga menjadi sebuah keputusan untuk dilaksanakan dan tidak bertentangan tata nilai, etika dan norma kehidupan. Itulah perintah takwa diletakkan di depan dan di belakang, mengapit perintah untuk memperhatikan. Waspadalah atau berhati-hatilah dan terus melakukan evaluasi, sekali lagi berhati-hatilah, hari ini merupakan akibat kemarin, hari esok merupakan akibat hari ini dan seterusnya sampai kau bertemu Tuhanmu atau tidak. Tersenyum bahagia atau menangis selamanya.
 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

RAJULUN YAS'A ( رجل يشعي )

BELAJAR AL QUR'AN

LINGSEM DAN BANGKAI