BACAAN YANG PENUH HIKMAH



BACAAN YANG PENUH HIKMAH

Oleh : Tikno Adi 

     Secara bahasa Al Qur'an dari kata qara-a- yaqra-u yang artinya membaca. Al Qur'an karena sudah menjadi kata benda berarti bacaan. Apa isinya Al Qur'an, isinya adalah surat. Al Qur'an terdiri dari seratus empat belas surat yang terdiri dari enam ribu dua ratus tiga puluh enam ayat. Pertanyaannya, siapa yang membaca surat dalam Al Qur'an? Tentu orang-orang yang dicintai oleh Allah SWT. Logikanya sangat sederhana, bukankah kita sangat senang bila mendapatkan surat dari orang yang kita sayangi? Dahulu, generasi tahun 80 an, belum ada HP, maka untuk menjalin komunikasi dengan orang yang disayangi atau dicintai dengan menggunakan surat, meskipun terkadang jaraknya sangat dekat. Apabila kita mendapatkan balasan surat, hati berdebar-debar. Bahkan setelah membaca isinya, semalaman tidak bisa tidur dan ingin segera pagi untuk dapat bertemu dengannya.

     Bagaimana dengan Al Qur'an? Apakah dengan membacanya jiwa kita bergetar? Kita merasakan betapa Sang Pencipta selalu hadir untuk kekasihNya? Kita dapat menangkap pesan dan kebijaksanaan dalam melihat setiap fenomena yang terjadi? 

Allah SWT :

وَا لْقُرْاٰ نِ الْحَكِيْمِ  

"Demi Al-Qur'an yang penuh hikmah," (QS. Ya-Sin 36: Ayat 2)

Allah SWT, Al Hakim, yang maha bijaksana akan meneteskan kebijaksanaan, kearifan kepada hambaNya yang dicintai. Keberadaanya Memayu Hayuning Bawono, mempercantik bumi yang sudah cantik. Memandang dunia dengan penuh kearifan. Melihat semesta dengan penuh kebijaksanaan. Memperlakukan sesama manusia dengan penuh cinta kasih. Berbuat baik sebagaimana Allah telah berbuat baik dan yang dan tidak membuat kerusakan di bumi. 

Allah SWT berfirman:

يٰۤـاَيُّهَا النَّا سُ قَدْ جَآءَكُمْ بُرْهَا نٌ مِّنْ رَّبِّكُمْ وَاَ نْزَلْنَاۤ اِلَيْكُمْ نُوْرًا مُّبِيْنًا

"Wahai manusia! Sesungguhnya telah sampai kepadamu bukti kebenaran dari Tuhanmu, dan telah Kami turunkan kepadamu cahaya yang terang benderang (Al-Qur'an)." (QS. An-Nisa' 4: Ayat 174)


2 Januari 2023

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RAJULUN YAS'A ( رجل يشعي )

BELAJAR AL QUR'AN

LINGSEM DAN BANGKAI