Siirul Khidir

Tadabbur by Gus Dolah

    Ada yang mendasari mengapa Musa disuruh nyantri kepada Nabi Khidir. Ada kesombongan pada diri Musa karena dia dibesarkan di Istana yang fasilitasnya sangat baik dan cara berfikir yang rasional karena berada di lingkungan orangorang-orang terdidik . Kalau saja pada akhirnya dia melihat ketidakadilan dan diskriminatif terhadap Bani Israel itu sebagai upaya untuk melanggengkan kekuasaan dan dendam sejarah masa lalu ketika Yusuf as berhasil menaklukkan Mesir dan menjadi pengendali kekuasaan. Bani Israel tumbuh dan berkembang di bumi Mesir hingga ketika zaman Musa, bani israil cukup banyak hingga sekitar enam ratus ribu dan menjadi masyarakat yang tertindas.

Rasa ketidakadilan yang mendorong Musa as untuk membebaskan Bani israil dari tirani Firaun. Dibutuhkan bukan sekedar kekuatan fisik semata tetapi kesabaran dan keistiqamahan dalam perjuangan. Maka Musa berguru kepada Nabi Syu'aib di Madyan untuk penempaan jatidiri hingga berbicara dengan Tuhannya di Tursina . Itupun belum cukup hingga dia harus berguru kepada Nabi Khidir. Apa rahasia di balik pengajaran Nabi Khidir?

Sebagai sosok yang digadang untuk menyelamatkan bani israil rasionalitas memang diperlukan tetapi untuk membangun kembali sebuah peradaban sebagaimana yang pernah ditegakkan oleh Nabi Yusuf as diperlukan kedalaman dan keluasan berfikir dalam berbagai sisi pandang. Dengan berguru kepada Khidir as untuk dapat melihat lebih dalam dan mencari akar persoalan sehingga dapat mencarikan solusi yang dibutuhkan bukan yang diinginkan.

1/4/2019

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RAJULUN YAS'A ( رجل يشعي )

BELAJAR AL QUR'AN

LINGSEM DAN BANGKAI