SIAPA PEMIMPIN

Tadabbur oleh cakTik

SIAPA PEMIMPIN?

     Di hadapan para santrinya sebagaimana biasa Kyai Shomad memberikan wejangan, nggulowentah santrinya agar kelak ketika terjun di masyarakat bisa menjadi orang yang bermanfaat. Apalagi jika nanti ada yang diberi amanah, entah menjadi apa.
"Siapa itu pemimpin? Sekarang orang pada berebut menjadi pemimpin bahkan sampai rela menghabiskan banyak uang untuk membeli sebuah jabatan" Kyai Shomad mengawali wejangannya. Para santrinya khusuk menyimak.
     "Dalam literasi Islam ada beberapa istilah tentang pemimpin, Imam, Amir dan Raa'in".
     "Apa masing-masing istilah memiliki arti, Kyai? " tanya seorang santri.
     "Itulah hebatnya Islam, begitu sempurnanya, sehingga hal yang paling kecil dijelaskan, apalagi urusan pemimpin ini sangat penting"
..............
     Kyai Shomad mulai bertutur, yang pertama bahwa nanti di hari Kiamat ada tujuh golongan yang akan mendapatkan naungan atau perlindungan dari Allah swt. Salah satunya adalah Imamun Adl. Seorang imam adalah pemegang komando tertinggi dalam berjama'ah, seperti dalam shalat. Artinya seorang pemimpin yang berkapasitas sebagai imam harus berlaku adil dalam membuat kebijakan.
     Yang kedua, disebut Amir yang artinya yang mengurusi atau pengurus. Semua urusan umat menjadi tanggung jawabnya. Betapa banyaknya urusan umat, sehingga begitu berat tugas seorang Amir. Terutama urusan aqidah, belum lagi urusan muamalat. Betapa takutnya Amirul mukminin Umar bin khattab ketika di protes seorang wanita yang kelaparan bersama anaknya yang ditinggalkan suaminya berperang, sehingga dia pikul sendiri gandum untuk diberikan kepada wanita tsb.
     Yang ketiga, Raa'in yang disabdakan Kanjeng Nabi Muhammad saw :
كلكم راعين وكلكم مسئول عن راعيته
"Setiap kalian adalah pemimpin dan akan dimintai pertanggungjawaban terhadap yang dipimpin.
Kata Raa'in berarti pengembala, tukang angon. Seorang pemimpin harus berkemampuan ngemong rakyatnya, memberikan edukasi, pendidikan, pembelajaran agar tetap terjaga etika, norma, kodusifitas umat dsb.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RAJULUN YAS'A ( رجل يشعي )

BELAJAR AL QUR'AN

LINGSEM DAN BANGKAI